Blogger Templates Tahap-tahap perkembangan janin | pengetahuan itu penting
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tahap-tahap perkembangan janin



-          0 – 4 minggu
Mulai terjadi pembentukan otak, medula spinalis,dan cikal bakal wajah janin

-          4 – 8 minggu
Jantung janin mulai berdenyut pada usia kehamilan sekitar enam minggu. Organ – organ tubuh lainnya mulai berkembang. Terjadi perkembangan pada tulang – tulang wajah, bola mata dan warna mata. Jari tangan dan jari kaki janin dapat dikenali.

-          8 – 12 minggu
Organ-organ utama tubuh janin suda terbentuk. Ukuran kepala janin lebih besar dibandingkan dengan tubuhnya untuk mengimbangi pesatnya pertumbuhan otak. Dagu, hidung dan kelopak matanya sudah terentuk jelas dan ia sudah mampu menendang.


-          12 – 16 minggu
Panjang tungkai janin melebihi panjang lengan, paru-parunya mulai berkembang dan denyut jantung janin dapat didengar melalui USG, janin sudah memiliki ekpresi wajah. Bulu mata dan alis sudah mulai bertumbuh, janin sudah bisa  menggerakkan kepala dan membuka mulutnya. Rambut dikepala tampak besar dan mulai memiliki warna.

-          16 – 20 minggu
Gerakan janin sudah mulai terkoordinasi walaupun kecepatan pertumbuhan badannya sedikit lebih lambat dibandingkan sebelumnya. Janin sudah dapat menghisap ibu jarinya dan memberi respon terhadap suara ibunya. Cikal bakal gigi permanen sudah terbentuk dibagian gigi susu. Indera pengecapan mulai berkembang dan janin mulai mampu membedakan rasa manis dan pahit. Sidik jari tangan  mengalami perkembangan. Tubuh ditumbuhi oleh rambut-rambut halus (lanugo)

-          20 - 24 minggu
Tubuh janin mulai tampak kurus tetapi sudah proporsional dengan ukuran kepalanya. Tulang-tulang utama ajnin sudah bertanah keras. Organ-organ genital mengalami perkembangan. Lubang hidung sudah terbuka dan janin dapat melakukan gerakan pernafasan. Ia sudah memiliki pola tidur.

-          24 – 28 minggu
Lapisan lemak dibawah kulit sudah terbentuk, rambut kepala mulai tumbuh,kelopak mata terbuka, dan otak janin semakin aktif , janin dapat mendengar suara dan mengenali suara ibunya . denyut jantung janin bertambah cepat jika mendengar suara ibunya.

-          28 – 32 minggu
Tubuh janin sudah terbentuk sempurna. Ia mampu melihat cahaya diluar perut ibunya dan mengedipkan  mata. Posisi tubuh janin tidak lagi banyak berubah karena sudah  berada dibawah. Walaupun paru-parunya belum cukup matur tetapi janin sudah mampu bertahan hidup jika dilahirkan.

-          36 minggu
Janin sudah mampu bernafas, menghisap dan menelan dengan baik. Rambut- rambut halus (lanugo) disekujur tubuh sudah menghilang. Usus sudah mulai terisi mekonium yang akan dikeluarkan dalam waktu 2 hari sesudah ia lahir. Kepala janin sudah mulai memasuki rongga panggul dan siap dilahirkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar